Contoh Mad Wajib Muttasil Dalam Al-Quran

Berita Terkait dengan Mad Wajib Muttasil | Indozone.id

Contoh mad wajib muttasil adalah salah satu hukum bacaan yang terdapat dalam al quran. Berikut informasi seputar contoh mad wajib muttasil di bawah ini.

  • Mad Wajib Muttasil

Mad Wajib muttasil adalah salah satu hukum bacaan alquran yang harus Anda ketahui. Hukum bacaan ini bisa Anda pelajari dalam pelajaran ilmu tajwid.

Mad ini berate mad asli berjumpa dengan huruf hamzah di dalam suatu kata bacaan. Panjang bacaan mad mutassil adalah empat hingga lima harakat.

Panjang harakat ini bisa Anda tentukan dengan ketukan. Jadi, satu harakat sama artinya dengan satu ketukan. Setiap orang yang belajar alquran wajib mempelajari hukum bacaan ini.

Hal ini karena setiap bacaan memiliki arti yang berbeda. Jika salah dalam membacakannya makan arti dari suatu ayat yang dibacakan juga akan salah.

  • Hukum Mempelajari Mad wajib Muttasil

Bacaan alquran yang baik harus mengikuti ketentuan yang benar. ketentuan dalam Al-Quran adalah mempelajari bagaimana suatu bacaan dikatakan benar.

Hukum mempelajari bacaan Al-Quran adalah fardhu kifayah. Fardhu Kifayah memiliki arti jika sudah dipelajari oleh sekelompok orang maka yang lain tidak akan berdosa.

Namun, sebagai umat muslim yang taat. membaca Alquran adalah kewajiban sehingga mempelajari hukum tajwid adalah keharusan juga.

Jika bacaan surah atau ayat yang Anda bacakan benar maka artinya akan benar. Anda bisa belajar hukum bacaan Al-Quran dengan guru dan orang yang paham hal tersebut.

Para ulama malah telah bersepakat bahwa wajib mempelajari ilmu tajwid. Hal ini karena Alquran diturunkan dengan tajwid tanpa terpisahkan antara keduanya.

  • Arti Dalam Ilmu Tajwid

Mad merupakan kata bahasa arab yang memiliki pengertian panjang atau memanjangkan. Jadi,  bacaan mad ini adalah harus panjang dan dipanjangkan sesuai aturan.

Mad asli adalah kata yang memiliki baris fathah yang diikuti huruf alif dalam Alquran. Panjang mad ini sendiri mencapai empat hingga lima harakat.

Jika mad asli berbaris kasrah maka akan diikuti huruf ya sukun. Sedangkan, jika mad asli menggunakan baris dhammah maka akan diikuti huruf waw.

Jadi, mad wajib muttasil memiliki arti dalam ilmu tajwid adalah mad asli yang bertemu dengan hamzah dalam suatu kata. Hukum bacaannya adalah panjang hingga beberapa harakat.

  • Surat An-Naba

Contoh mad wajib muttasil dalam Al-quran bisa Anda temukan dalam surat An-naba ayat pertama. Kata yatasa alum pada surah tersebut memiliki hukum mad  wajib muttasil di dalamnya.

  • Surat Ad-Dhuha

Anda juga bisa melihat contoh mad wajib muttasil dalam surat Ad-Dhuha. Dalam ayat kedelapan pada kata wa wajadaka a ilam fa agna yang memiliki panjang hingga empat harakat.

  • Surat Abasa

Surat Abasa juga memiliki hukum mad wajib muttasil pada bacaannya. Anda bisa mencarinya pada ayat kedelapan.

Kata wa amma man ja aka yas’a terdapat hukum mad wajib muttasil. Bacaan ini harus dipanjangkan sebanyak empat harakat.

  • Surat Al Baqarah

Surat Al Baqarah juga mengandung bacaan mad wajib muttasil. Pada ayat kelima terdapat bacaan ula ika ‘ala harus dipanjangkan sebanyak lima harakat.

  • Surat At-Takwir

Contoh mad wajib muttasil  selanjutnya bisa anda temukan pada surat At-takwir. Bacaan kata sama a memiliki panjang hingga empat ketukan atau empat harakat.

Anda juga bisa menemukan bacaan mad wajib muttasil pada beberapa ayat Alquran lainnya. Jadi, Supaya bacaan Alquran menjadi benar pelajarilah ilmu tajwid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *