Nutrisi Pada Susu Pertumbuhan Anak 2 tahun

Nutrisi Pada Susu Pertumbuhan Anak 2 tahun

Sudah sejak lama susu pertumbuhan anak 2 tahun dipercaya dapat membantu tubuh berkembang optimal. Sebab sumber pangan ini kaya dengan protein mineral serta vitamin lainnya.

Selain protein, susu juga menyediakan karbohidrat sebagai sumber energi serta lemak yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Protein yang terdapat dari susu terbagi menjadi dua jenis yaitu kasein dan whey.  keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu berperan penting dalam proses respirasi jaringan tubuh.

Kandungan Gizi pada Susu Pertumbuhan Anak 2 tahun

Asupan gizi yang tepat harus diberikan pada usia perkembangan anak. Sebab tanpa kecukupan nutrisi maka pertumbuhannya akan terhambat. Salah satu sumber pangan yang dapat diberikan adalah susu pertumbuhan anak 2 tahun yang kaya dengan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh anak.

Protein

Susu merupakan salah satu sumber protein yang berkualitas.  Protein sendiri terdiri dari kasein dan whey.memiliki manfaat untuk meningkatkan penyerapan mineral dalam tubuh, misalnya kalsium fosfor dan besi.

Sementara protein whey sangat berguna untuk mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan otot anak. Dengan demikian anak dapat mencapai berat badan yang ideal sesuai dengan umurnya.

Pemenuhan kebutuhan protein di dalam tubuh dapat membantu anak memiliki pertumbuhan yang maksimal dibandingkan dengan mereka yang tidak diberikan asupan protein. Protein yang cukup dapat membantu anak mempertahankan kesehatan tubuhnya karena zat gizi ini mendukung proses sistem imunitas dalam tubuh.

Lemak Susu

Susu mengandung lemak susu yang merupakan lemak alami yang paling kompleks.  Lemak ini akan membantu tumbuh kembang anak karena dapat menunjang pertumbuhannya tanpa meningkatkan risiko kegemukan. Pasalnya lemak susu memiliki fungsi yang berbeda dibandingkan dengan lemak yang menyebabkan obesitas.

Fungsi lemak pada susu yang pertama adalah meningkatkan rasa.  Artinya memberikan rasa yang enak serta gurih yang tidak dapat ditemukan pada sumber pangan lain. Selanjutnya juga dimanfaatkan sebagai sumber energi cadangan tubuh sehingga anak memiliki cadangan energi ketika aktivitasnya berlebihan.

Selain itu lemak berfungsi juga dalam pembangunan jaringan tubuh. Diketahui sel tubuh terbungkus oleh membran yang terdiri dari fosfolipid trigliserida dan kolesterol seluruh bahan tersebut ada di dalam lemak.

Terakhir, lemak juga berfungsi sebagai pelarut vitamin A, D, E, dan K yang semuanya berperan penting dalam proses pembentukan hormon dan sintesis di dalam. Dengan adanya lemak maka proses penyerapan ke-4 vitamin tersebut akan berlangsung dengan lebih baik.

Menurut CODEX menghilangkan kandungan lemak berarti juga mengurangi kadar vitamin A di dalamnya. Susu rendah lemak hanya mengandung 7 mikrogram vitamin A sementara susu reguler dengan kandungan lemak yang tepat mengandung 83 mikrogram vitamin A.

Konsumsi susu pertumbuhan anak 2 tahun dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya serta meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh dengan demikian anak dapat beraktivitas serta mengembangkan kemampuan motorik dan kognitifnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *