7 Manfaat Zinc, Mineral Penting untuk Pertumbuhan Anak

7 Manfaat Zinc, Mineral Penting untuk Pertumbuhan Anak

Zinc adalah mineral yang berperan membantu sistem imun dalam melawan patogen. Fungsi lain dari mineral zinc adalah melakukan pembentukan DNA dan protein. Sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan seperti masa kehamilan, bayi, dan anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang. Berbagai manfaat zinc yang sangat penting untuk pertumbuhan anak.

1.   Membantu Daya Ingat

Tersebut dari penelitian University of Toronto bahwa zinc sangat penting untuk daya ingat. Mengendalikan serta mengatur komunikasi antar neuron di otak. Daya ingat menjadi lebih tajam serta dapat, sehingga anak bisa belajar dengan lebih optimal.

2.   Memperkuat Sistem Imun

Zinc berfungsi untuk membuat aktif sel T limfosit. Salah satu jenis sel imunitas tubuh. Jika kebutuhannya tercukupi, respon kekebalan tubuh terhadap penyakit lebih optimal. Tidak hanya mampu mengusir penyakit akibat mikroorganisme berbahaya. Zinc juga dapat menghalau sel dengan pembelahan tidak terkontrol atau bersifat kanker. Kekurangan zinc dapat mengakibatkan fungsi dari kekebalan tubuh terganggu.

3.   Pengobatan Luka

Dapat mengobati luka terutama pada lapisan kulit dengan menjaga struktur kulit dan menjaga lapisannya. Itulah alasan kenapa salep atau obat luka luar sering mengandung mineral satu ini. Menyembuhkan kulit ruam akibat serangga. Selain itu juga membantu menghambat pertumbuhan bakteri pada luka terbuka. Kondisi ini berperan sebagai pencegahan infeksi luka.

4.   Penurun Demam

Demam salah satu gangguan kesehatan yang paling sering dialami anak yang sedang di fase pertumbuhan. Berdasarkan penelitian dari Open Respiratory Medicine Journal, zinc dalam bentuk suplemen kesehatan dianggap mampu untuk memperpendek durasi demam hingga 40%. Tidak hanya untuk menurunkan demam, namun juga gejala yang menyertainya.

5.   Mengobati Diare

Diare sering terjadi pada pertumbuhan anak karena rasa eksplor anak kyang tinggi untuk selalu mencoba suatu hal baru. Anak juga belum bisa mengontrol sesuatu yang disukainya meskipun itu berbahaya baginya. Salah satu akibatnya adalah diare yang sering disepelekan padahal menyebabkan seseorang menjadi dehidrasi. Konsumsi zinc juga bisa mencegah diare datang kembali.

6.   Mencegah Peradangan

zinc mempunyai fungsi untuk meredakan reaksi oksidasi di dalam tubuh. Reaksi oksidasi menyebabkan tubuh mudah dalam menerima radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya karena mampu memicu reaksi yang saling berkaitan dan menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh. Pencegahan oksidasi diatasi dengan antioksidan berupa zinc. Peradangan dapat dikurangi dan dengan perlahan akan mereda.

7.   Mendukung Tumbuh Kembang

Kebutuhan zinc yang tercukupi bagi tubuh dapat membuat anak memiliki tumbuh serta berat badan ideal. Agar pertumbuhan semakin baik maka perlu adanya kombinasi zinc dengan mineral lain seperti kalsium, kalium beserta protein dan juga vitamin D.

Demikian manfaat zinc bagi pertumbuhan anak. Defisiensi atau kekurangan zinc bagi tubuh dapat menyebabkan diare, luka lama sembuh, kulit tidak sehat, hilang nafsu makan, kerontokan rambut dan lainnya. anak sebaiknya diberi asupan zinc sebanyak 3 mg per hari pada usia 1-3 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *