5 Rekomendasi Biji Kopi Premium yang Wajib Dicoba

5 Rekomendasi Biji Kopi Premium yang Wajib Dicoba

Sebagai salah satu penghasil biji kopi terbaik di dunia, tak mengherankan jika ada banyak jenis kopi yang ada di Indonesia. Seperti yang diketahui, meskipun jenisnya sama, kopi akan menghasilkan citasara berbeda jika di tanam di daerah yang berbeda. Oleh karena itu, berikut ini rekomendasi biji kopi premium yang tidak boleh terlewatkan untuk Anda coba.

1. Kopi Arabika Gayo

Salah satu biji kopi terbaik yang ada di Indonesia adalah kopi arabika gayo yang berasal dari aceh. Biji kopi arabika ini akan menghasilkan seduhan kopi yang berbeda dibandingkan dengan kopi arabika lainnya. sebab, hasil seduhan kopi arabika gayo mempunyai tekstur yang lebih encer, tidak terlalu pekat dan juga mempunyai tingkat keasaman yang seimbang.

Selain itu, citarasa yang dihasilkan juga terbilang cukup unik dibandingkan dengan kopi arabika pada umumnya. Tak mengherankan jika kopi arabika gayo ini menjadi salah satu kopi terbaik dari Indonesia yang sudah terkenal hingga pasar mancanegara.

2. Kopi Kintamani

Jenis biji kopi terbaik dari indonesia yang berikutnya berasal dari Provinsi Bali, yakni kopi arabika kintamani. Biji kopi ini menjadi salah satu kopi yang cukup populer di negara Jepang, Arab dan beberapa negara Eropa lainnya.

Keunikan dari kopi kintamani adalah rasanya yang agak pahit dengan citarasa jeruk. Kenapa bisa ada rasa jeruk di dalam biji kopi? Hal ini tidak lain karena biji kopi yang dihasilkan oleh petani kopi di Kintamani berdekatan dengan kebun jeruk. Sehingga tidak mengherankan jika ditemukan aftertaste yang menyegarkan. Selain itu, kopi ini juga didominasi asam citrus segar dan juga aroma bunga.

3. Kopi Flores Bajawa

Rekomendasi biji kopi terbaik yang berikutnya berasal dari Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), yaitu kopi arabika flores bajawa. Kopi ini dihasilkan dari perkebunan kopi yang ditanam di ketinggian 1.000 hingga 1.550 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Ciri khas dari kopi flores bajawa ini adalah citarasanya yang terasa nutty atau kacang-kacangan serta ada tambahan rasa karamel pada after taste-nya. Selain itu, tekstur dari seduhan biji kopi ini juga lebih kental dengan sensasi rasa yang sedikit masam.

4. Kopi Temanggung

Rekomendasi keempat adalah biji kopi robusta yang berasal dari Temanggung, Jawa Tengah. Meskipun kopi robusta, yang selalu dipandang sebelah mata. Kopi temanggung ini mempunyai aroma yang cukup unik, seperti aroma tembakau ketika diminum. Menariknya lagi, kopi ini menjadi salah satu biji kopi andalan untuk negara-negara di Eropa, Amerika Latin dan Timur Tengah.

5. Kopi Java Ijen Raung

Bicara soal rekomendasi biji kopi terbaik asal Indonesia, Kopi java ijen raung tidak boleh terlewatkan. Pasalnya, kopi yang menjadi oleh-oleh khas Bondowoso, Jawa Timur ini sudah diekspor sejak 2011 dan popularitasnya terus meningkat hingga saat ini. Kopi java ijen mempunyai tingkat keasaman yang sedang dengan ciri khas rasanya yang sedikit pedas. Selain itu, aroma dari kopi ini seperti bunga hutan.

Itu dia lima biji kopi premium yang tidak boleh terlewatkan untuk dicoba, jika Anda seorang penikmat kopi hitam sejati. Selain kelima daftar biji kopi terbaik di atas, kopi toraja, kopi arabika wamena, dan kopi luwak menjadi daftar selanjutnya yang wajib untuk Anda coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *